Catatan Seputar Dunia Blog

Full Copas Tindakan Yang Tidak Kreatif

Full Copas Tindakan Yang Tidak Kreatif

Full Copas Tindakan Yang Tidak Kreatif
Full Copas Tindakan Yang Tidak Kreatif
Full Copas Tindakan Yang Tidak Kreatif - Sungguh bisa dikatakan fenomena kegiatan blog saat ini banyak sekali istilah copas mencopas, mungkin kita sering mendengar hal itu mungkin salah satunya adalah saya pribadi yang mengalami. Hampir semua blog saya di Full Copas tanpa pemberitahuan, memang sungguh ironis memang.

Menurut para ahli bahwa reputasi situs kita sangat dipertaruhkan dengan adanya duplicate content dan pada akhirnya bisa jadi peringkat blog kita anjlok drastis karena dianggap menduplikat konten orang lain. Padahal pada kenyataannya artikel kitalah yang di diambil oleh mereka, itu semua terbukti dengan beberapa blog yang saya kelola, semua artikel nya di full copas sehingga blog saya tersebut jadi hlang hampir semua artikelnya di mesin pencari.

Mereka (Copaser) tidak menyadari bahwa apa yang dilakukannya telah berbuat hal yang sangat merugikan, padahal apasalahnya belajar kreatif sedikit sambil mengembangkan imajinasi kita, jawabannya mungkin karena mereka malas, kalau memang malas terus tujuannya apa kita ngeblog? ya itu semua bisa sobat jawab sendiri :D.

Beberapa blog copas sering menggunakan sistem AGC (autogenerated content) karena mungkin ingin meraih ranking bagus di search engine dan mendapatkan trafik  tanpa bersusah payah mereka tinggal duduk dengan tenang atau sambil tiduran saja. Tanpa perlu memikirkan artikel apa yang akan ditulis, tidak mesti berada di depan komputer/laptop karena semua dijalankan secara otomatis oleh robot. Bagai mana mereka dapatkan sumbernya? Yang pasti tentunya mereka mengambil dari blog orang lain yang sudah eksis dan kaya akan artikel yang menarik.

Anti klik kanan atau apapun itu tidak menjadi jaminan bahwa blog kita bisa terbebas dari para penjarah artikel, yang pasti semua itu kembali ke diri mereka masing-masing apakah mereka masih punya hati nurani untuk melakukan hal tersebut. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memberikan efek jera terhadap mereka, yang pertama berikan peringatan terlebih dahulu terhadap blog yang telah mengcopy paste secara full artikel kita dan yang terahir lakukan pelaporan ke Google DMCA atau sobat bisa menggunakan jasa DMCA lainnya yang melindungi konten sobat.

Saya pribadi memang sempat terpikirkan untuk melaporkan ke Google DMCA akan tetapi selain banyak blog yang telah copas artikel saya hati nurani saya terkadang merasa iba juga meskipun saya sangat jengkel kepada mereka, mudah-mudahan dengan sedikit curahan hati saya ini bisa membuka hati mereka untuk tidak melanjutkan kebiasaan yang kurang baik tersebut.

Mari kita berikan informasi yang bermanfaat buat para pembaca yang membutuhkan jangan berikan contoh tidak baik untuk mereka jangan hanya ingin memperkaya konten saja untuk mendapatkan trafik yang besar tanpa bersusah payah berfikir. Salah satu pengalaman saya dulu ketika mencari sebuah informasi, saya  mendapatkan hampir semua artikel sama isinya baik itu yang full copas maupun yang telah melalui editing terlebih dahulu, kebetulan saya temukan di page pertama pada mesin pencari. Terus sumbernya siapa? sungguh cukup membingungkan konten siapa yang benar-benar original.

Sedikit saya simpulkan mengenai orang yang suka mengambil konten orang lain tanpa pemberitahuan plus tanpa melewati editing tentunya ciri orang yang benar-benar tidak kreatif, pemalas dan cenderung egois karena tidak memikirkan dampak dari apa yang telah dia lakukan. saya hanya sarankan jika memang sobat suka mencopas artikel orang lain alangkah lebih baik kita meminta ijin terlebih dahulu atau memberikan sebuah kredit link untuk yang punya konten terus jangan sampai kita copas mentah-mentah alias full tanpa proses editing terlebih dahulu tapi lebih baik lagi jika kita buat artikel dengan gaya bahasa sendiri dan benar-benar konten atau artikel buatan sendiri.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mungkin ini hanya curahan hati saya saja korban full copas dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang ujung-ujungnya malah saya yang kena getahnya disentil oleh mbah Google malah blog copas yang bertengger di page one. Mungkin itu sedikit keluh kesah selama ini, mohon maaf jika ada yang merasa tersinggung atau kesalahan dalam artikel yang saya buat.

terimakasih



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Creativoltz, Published at 04.12 and have